Berita

[CEK FAKTA] Orang-Orang Cina Serbu Indonesia

Sabtu, 12 Juni 2021 - 08:22
[CEK FAKTA] Orang-Orang Cina Serbu Indonesia Sebuah video menampilkan orang-orang Cina menyerbu Indonesia beredar di Twitter.

TIMES BANTUL, JAKARTA – Video yang dinarasikan sebagai orang-orang Cina menyerbu Indonesia beredar di media sosial. Dalam video yang diunggah akun Twitter @RAJO_LANGIT007, terlihat banyak orang yang sedang berada di bandar udara.

Terdengar suara dari video tersebut yang menyebut orang-orang Cina sedang berada di Bandara Sultan Syarif Kasim.

Berikut narasi yang menyertai video:

Cino lagi Cino lagi..kpnkah ini terjadi..?
#TiongkokBikinJongkok 
#AdiliPerampokDanaHaji

cek fakta Orang Cina 2Sumber: Tangkapan layar Twitter

CEK FAKTA

Penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia, informasi bahwa Cina menyerbu Indonesia merupakan informasi yang salah. 

Berdasarkan hasil penelusuran Tim Cek Fakta TIMES Indonesia melalui mesin pencari, ditemukan bahwa video yang diunggah oleh akun Twitter @RAJO_LANGIT007 merupakan kejadian di Bandara Sultan Syarif Kasim II, Kota Pekanbaru, Riau.

Namun, mengutip Antara, mereka adalah wisatawan yang baru menghadiri acara Bakar Tongkang. Executive General Manager Bandara SSK II, Jaya Tahoma Sirait membantah isu serbuan WNA China di bandara Kota Pekanbaru itu.

“Mereka itu wisatawan yang habis menghadiri Bakar Tongkang. Kita sebagai operator bandara, semuanya tentu harus kita layani,” ujar Jaya.

Bakar Tongkang merupakan tradisi turun-temurun bagi warga Tionghoa Bagansiapiapi untuk menghormati nenek moyang mereka, sehingga membuat puluhan ribu perantau yang kini tinggal di berbagai kota di dalam dan luar negeri seperti pulang kampung khusus untuk menghadiri Bakar Tongkang. Tradisi ini sekarang dikemas pemerintah daerah menjadi sebuah festival dan masuk dalam agenda pariwisata nasional.

Puluhan ribu wisatawan nusantara dan mancanegara menghadiri Festival Bakar Tongkang 2019. Bupati Rokan Hilir Suyatno saat melihat acara itu di Bagansiapiapi, pada 19 Juni 2019 merasa sangat gembira dan terharu karena banyak wisatawan nusantara dan mancanegara yang datang membuat kota itu sangat ramai.

"Ke depannya itu bagaimana harus ramai lagi. Saya mendapat informasi tahun ini jumlah pengunjung hampir 76 ribu, luar biasa sekali. Tahun depan kita minta 100 ribu pengunjung," kata Suyatno.

cek fakta Orang Cina 3Sumber: Imigrasi mengklarifikasi isu video viral WNA China "serbu" Riau | ANTARA News

Mafindo -jaringan Tim Cek Fakta TIMES Indonesia- melalui Turnbackhoax.id, pernah melakukan pemeriksaan fakta atas video tersebut. 

cek fakta Orang Cina 4Sumber: [SALAH] Ribuan Warga China Berdatangan Ke Indonesia Lewat Bandara Kota Pekanbaru | Turnbackhoax

KESIMPULAN

Informasi yang menyebut orang-orang Cina menyerbu Indonesia merupakan informasi yang salah. 

Menurut misinformasi dan disinformasi yang dikategorikan First Draft, video WNA China menyerbu Indonesi termasuk dalam kategori False context (konteks keliru).

False context adalah sebuah konten yang disajikan dengan narasi dan konteks yang salah. Biasanya, false context memuat pernyataan, foto, atau video peristiwa yang pernah terjadi pada suatu tempat, namun secara konteks yang ditulis tidak sesuai dengan fakta yang ada.
 

----

Cek Fakta TIMES Indonesia

TIMES Indonesia adalah media online yang sudah terverifikasi faktual di Dewan Pers. Dalam kerja melakukan cek fakta, TIMES Indonesia juga bekerjasama dengan 23 media nasional dan lokal, untuk memverifikasi berbagai informasi hoaks yang tersebar di masyarakat.

Jika anda memiliki informasi seputar hoaks yang ingin kami telusuri dan verifikasi, silakan menyampaikan kepada tim CEK FAKTA TIMES Indonesia di email: [email protected] atau [email protected] (*)

Pewarta : Imadudin Muhammad
Editor : Ferry Agusta Satrio
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bantul just now

Welcome to TIMES Bantul

TIMES Bantul is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.