https://bantul.times.co.id/
Berita

Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang Gunungkidul

Sabtu, 28 November 2020 - 21:00
Seekor Penyu Ditemukan Mati di Pantai Sepanjang Gunungkidul Bangkai penyu saat dievakuasi petugas kemudian dikubur. (FOTO: SAR Satlinmas Wilayah II Gunungkidul)

TIMES BANTUL, GUNUNGKIDUL – Seekor penyu ditemukan mati di tepi Pantai Sepanjang Desa Kemadang, Kecamatan Tanjungsari, Kabupaten Gunungkidul, Daerah Istimewa Yogyakarta, Sabtu (28/11/2020).

Koordinator Search and Rescue (SAR) Satlinmas Wilayah II Gunungkidul Marjono mengatakan bangkai penyu dengan berat kurang lebih 30 kilogram itu ditemukan pertama kali oleh Sariyati, salah seorang pedagang makanan di wilayah setempat. 

Saat menata dagangan di warungnya, ia mengaku mencium bau busuk di sekitar lokasi. Dia kemudian mencari sumber bau tak sedap itu dan ternyata didapati seekor bangkai penyu di pinggir pantai. Temuan itu, lanjutnya, lantas ia laporkan ke petugas SAR Pantai Sepanjang.

Penyu Mati a

Maryono mengaku belum mengetahui penyebab kura-kura yang memiliki panjang kurang lebih 30 sentimeter dan lebar 20 sentimeter itu mati. Jika dilihat secara kasat mata, fisik kura-kura nampak bagus dan tidak ada tanda tanda terluka akibat benturan dari sesuatu benda. Karena bangkai penyu menimbulkan bau menyengat maka kemudian penyu dikubur di sekitar lokasi. Hal itu juga mencegah pencemaran. 

"Penyu kita evakuasi ke pinggir, karena memang bau menyengat. Kemudian kita putuskan untuk mengubur penyu di sekitar lokasi (Pantai Sepanjang)," ujarnya. (*)

Pewarta : Edy Setyawan
Editor : Deasy Mayasari
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bantul just now

Welcome to TIMES Bantul

TIMES Bantul is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.