Olahraga

Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Artis Global Satukan Dunia dalam Momen 'Imagine'

Sabtu, 24 Juli 2021 - 09:16
Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020, Artis Global Satukan Dunia dalam Momen 'Imagine' Jepang menemukan cara untuk menyajikan pertunjukan megah pada Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020 yakni kreativitas menyajikan armada 1.824 pesawat tak berawak di langit, di atas Stadion Olimpiade. (FOTO: The Sun/Getty Image)

TIMES BANTUL, JAKARTA – Seniman global, Angelique Kidjo, Alejandro Sanz, John Legend, Keith Urban dan Suginami Children's Choir menyatukan lima benua (dunia) ke dalam upacara Pembukaan Olimpiade Tokyo 2020.

Ratusan juta orang pasti nonton pertunjukan emosional "Imagine" karya John Lennon dan Yoko Ono itu melalui televisi, tulis IOC dalam press releasenya.

Komite Olimpiade Internasional (IOC) bekerja bersama komposer terkenal, Hans Zimmer untuk membawa pemirsa dalam perjalanan musik di seluruh dunia.

Dimulai di Stadion Olimpiade di Tokyo, Suginami Children's Choir, mewakili Asia, menyerahkan tongkat estafet kepada para seniman dari Afrika, Eropa, Amerika dan Oseania, yang semuanya bergabung dari jarak jauh. Mereka didukung dengan musik dari TaikoProject dan Synchron Stage Orchestra serta Stage Choir.

"Lagu ini mencerminkan nilai-nilai yang diperjuangkan Olimpiade. Ini adalah seruan untuk perdamaian dan persaudaraan, untuk persatuan dan solidaritas," kata Ketua IOC, Thomas Bach dalam pidato pembukaannya.

Dia kemudian mengulangi, 'kita hanya bisa lebih cepat, kita hanya bisa membidik lebih tinggi, kita hanya bisa menjadi lebih kuat, jika kita berdiri bersama dalam solidaritas'.

Olimpiade telah melewati jalan berkali-kali sepanjang sejarah lagu, karena mengkomunikasikan pesan solidaritas, kebersamaan, harapan dan perdamaian.

Selama beberapa dekade, artis, termasuk Stevie Wonder (Atlanta 1996), Peter Gabriel (Turin 2006), paduan suara anak-anak Inggris (London 2012) dan bintang K-Pop Ha Hyun-woo, Jeon In-kwon, Lee Eun-mi dan Ahn Ji -young (PyeongChang 2018), telah menyanyikan 'Imagine' di upacara Olimpiade.

Penampilan ini telah meletakkan dasar untuk hubungan alami antara lagu ikonik tersebut dan Olimpiade.

John Lennon sendiri adalah orang pertama yang menghubungkan lagunya ke Olimpiade ketika dia mengatakan dalam sebuah wawancara tiga hari sebelum dia meninggal.

"Kami bukan orang pertama yang mengatakan 'Bayangkan Tidak Ada Negara' atau 'Beri Perdamaian Kesempatan', tapi kami 'membawa obor itu, seperti obor Olimpiade, menyebarkannya dari tangan ke tangan, satu sama lain, ke setiap negara, ke setiap generasi. Dan itulah tugas kita."

Panitia Penyelenggara Tokyo 2020 dan IOC bekerja sama dengan para kreatif terkemuka untuk menyampaikan Upacara Pembukaan yang menunjukkan bahwa dunia dan para atletnya lebih kuat bersama-sama dalam menunjukkan hubungan, persatuan, dan harapan.

Sebagai permulaan resmi dari Olimpiade, Upacara Pembukaan yang telah lama ditunggu-tunggu dan sangat dinanti-nantikan adalah saat Jepang telah mempersiapkan tanpa lelah Olimpiade Tokyo 2020 di mana para atlet telah melatih seluruh hidup mereka untuk momen ini. (*)

Pewarta : Widodo Irianto
Editor : Ronny Wicaksono
Tags

Berita Terbaru

icon TIMES Bantul just now

Welcome to TIMES Bantul

TIMES Bantul is a PWA ready Mobile UI Kit Template. Great way to start your mobile websites and pwa projects.